KEILMUAN
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Desain Grafis
-Grafis / Graphic berasal dari bahasa Yunani “Graphein” yang berarti menulis atau menggambar
-Desain Grafis bertugas memberikan informasi serta panduan melalui sign atau tanda-tanda
-Desain Grafis sering dikaitkan dengan Seni / Art
Sejarah Grafis
-Zaman Prasejarah : Anthropologi Prasejarah, yaitu gambar-gambar dan simbol-simbol yang diukir di gua dan bebatuan (Paleolithicum : 40.000 sd 10.000 SM)
-Abad Modern : diawali dengan adanya desain pada bibble dengan hiasan emas berbentuk. Kemudian diikuti dengan ditemukannya huruf cetak (abad ke-19)
Era Art Noveau
-Art Noveau : Aliran Seni Baru, yaitu sebuah gaya atau aliran dalam seni/arsitektur (abad ke-20)
-Ciri-ciri art noveau adalah kesannya yang datar (tidak membentuk efek 3 dimensi), bermotif dekoratif, menggambarkan elemen-elemen organik dan sulur (brush/swirl).
-Contoh : Ilustrasi dan Poster
Layout Gaya Mondrian
-Tokoh : Piet Mondrian (1872), pengaruh di era komputer grafis
-Inspirasi : pembagian bidang dalam canvas, kemudian dikenal dengan istilah Grid.
-Dalam menyusun struktur layout iklan disebut Mondrian Layout
Abad ke-20
-Ditandai dengan perkembangan di bidang Tipografi (munculnya huruf sans serif)
-Pertama kali dibukukan “Designer and Type Designer” oleh William Addison Dwiggins, Amerika (1922)
-Penggunaan desain telah mulai didayagunakan dalam segala aspek kehidupan
Pengaruh Desain
-Di Dunia Perfilman : Efek-efek grafis untuk menyajikan (seolah-olah) klimaks cerita di menit-menit pertama
-Pengaruh Baru : Tipografi dalam teknik produksi maupun dalam penggunaan peralatan yang kemudian menimbulkan gaya khas. Munculnya simbol-simbol sebagai jargon/slogan.
KEILMUAN DKV
-Drawing
-Ilustrasi
-Cartografi
-Grafik
-Diagram
-Fotografi
-Computer Graphics
-Bezier Curve
-Grafis 3D
Drawing
Drawing/Ilmu Menggambar adalah kemampuan menuangkan ide ke dalam bentuk grafis, sehingga diharapkan bagi orang yang melihat grafis tersebut dapat memahami apa yang ada dalam pikiran penggambarnya
Ilustrasi
1.Ilustrasi adalah gambar yang digunakan untuk menerangkan sesuatu.
2.Manfaat Ilustrasi :
- Memberikan gambaran tokoh atau karakter
- Menampilkan contoh item yg diterangkan
- Visualisasi langkah2 sebuah instruksi
- atau sekedar membuat tersenyum/tertawa
Cartografi
-Cartografi : Pembuatan Peta
-Digunakan untuk mengetahui keadaan suatu wilayah (map strategy)
-Perkembangan selanjutnya dalam Teknologi Informasi adalah GIS (Geographic Information System)
-Intinya adalah bagaimana informasi geografis dapat mudah dipahami
Grafik
-Grafik adalah sejenis gambaran informasi yang menjadi representasi bilangan (kuantitatif) dari suatu tabel data.
-Grafik sering dipakai untuk mempermudah pemahaman data-data angka dalam jumlah banyak hanya dalam waktu singkat saja
Diagram
Diagram disebut juga Bagan, yakni gambar yang dipergunakan untuk menyederhanakan dan menggambarkan suatu struktur secara visual sebagai representasi dari suatu konsep, ide, konstruksi, hubungan satu sama lain, dsb.
Fotografi
-Secara pinsip foto hanya menampilkan suatu keadaan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (fact capture)
-Teknik fotografi : memilih sudut pandang dari suatu obyek atau memanfaatkan filter atau ketajaman lensa.
-Perkembangan saat ini : Foto Digital (kecepatan proses, kemudahan operasi dan manipulasi hasil)
Computer Graphics
-Raster/Bitmap : Grafis yang terdiri dari picture element (pixel), yakni berupa titik-titik yang membentuk gambar
-Vektor : titik dan garis yang membentuk line drawing yang dibuat menggunakan perhitungan matematis (ordinary)
-Vektor mampu membuat gambar dengan ukuran yang lebih besar, tetapi dalam ukuran file yang lebih kecil
Bezier Curve
-Teknik gambar dengan bantuan garis dan kurva berbasiskan perhitungan matematik (kurva bezier), Peter Bezier.
-Titik bantu dalam pengolahan garis disebut Path
-Sebuah Ilustrasi terdiri dari Objek-Objek Vektor
-Setiap Objek Vektor memiliki satu atau beberapa buah Path
-Sebuah Path terdiri dari Garis Segmen
-Garis Segmen meniliki Node disetiap ujungnya
Grafis 3D
-Mulai muncul akhir 1980-an, dengan munculnya komputer SGI (Sillicon Graphic) yang kemudian digunakan untuk membuat film-film animasi pendek
-Contoh : PIXAR animation dalam pembuatan film Toy Story (1995) membutuhkan waktu 3 sd 24 jam untuk merender 1 frame, total durasi film 77 menit / 110.880 frame (render 38 tahun). 1 tahun = 38 komputer (100%)
PEMANFAATAN DESAIN GRAFIS
-Web Graphics
-Bussiness Graphic
-Advertising
-Sarana Pendidikan
-Dll.
TAHAPAN MEMBUAT DESAIN GRAFIS
-Pengumpulan Info
-Analisis
-Menyusun Tujuan
-Menetapkan Pendekatan
-Brainstorming
-Evaluasi
-Penghalusan/Penyempurnaan
-Implementasi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Desain Grafis"